Senin, 21 September 2009

MAKANAN TRADISIONAL WAKATOBI "KASOAMI"

Di daerahku tepatnya di wakatobi terdapat makanan yg sangat khas bangat daerahku, yaitu "kasoami" atw biasa disebut "soami" tp bukn suami. kasoami merupakn makanan tradisional yg biasa di santap masyarakatku, termasuk sy..!! walaupun nggak sering-sering amat sich makanya. Kasoami adalah olahan dari ubi kayu, yg dalam bahasa wangsel adalh "kau java", "kau" yg berarti kayu dan "java" yg berarti "jawa" mungkin maksudnya tanaman ini berasal dari pulau jawa kali ya.. sy sendiri jg ngga tau asal usul tanaman ini bagaimana.!! Cara mengolahnya gampang-gampang susah.
1. Parut ubi kayu yg sudh dikupas
2. Peras ubi yg sdh dikupas tadi. Oh y.. Masyarakat sini punya alat tersendiri untuk memeras ubi yg sdh di parut.. Yaitu papan/kayu yg di rancang sedemikian rupa sehingga menjadi alat pemeras yg sempurna. Dan model akhirnya itu berbentuk pemotong kuku, pokonya modelnya itu lucu deh..!!
3. Setelah di peras sampai kering maka ubinya di diamkan selama +/- 15 jaman lah, Supaya lebih kering lagi..
4. Kalau sdh kering beneran maka ubinya di haluskan dan siap untuk di jadikan kasoami.
5. Setelah halus trus masukan ubinya ke cetakan dan cetakannya itu bukan cetakan biasa, soalnya cetakannya terbuat dari daun kelapa yg sdh dikeringkan dan dirankai sehingga modelnya berbentuk kerucut. Dan kasoaminya juga hasilnya seperti gunung berapi, hehe..!!
6. Terus ubinya dikukus dipanci yg sudah di modifikasi (kaya motor aj di modifikasi) mungkn supaya pas aja dengan cetakan kasoaminya tadi.. Nah tunggu deh sampai kasoaminya masak..He.! Udh dulu y info dari sy..!! Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar