Minggu, 27 September 2009

PENGALAMAN MEMBUAT PERANGKAP BURUNG KHAS WAKATOBI (tampotaho)

hari minggu, 27 sep 2009.. Q dan kawan-kawanku pergi membuat perangkap burung di salah satu kebun temanku yg terdekat.. Pastinya kita pilih kebun yg banyak terdapat burungnya, seperti burung merpati, ayam hutan, dll.. Pagi-pagi sekali kita udah siap-siap, dan kita kumpul disalah satu ruman teman, setelah berkumpul kita siap dah berangkat.. Diperjalanan pastinya kita tdk diam-diam dong..!! Kita biasanya pergi sambil mencari burung kecil berwarna kuning,, n aku g tau namanya apa.!! Kalau bahasa wanci sih namanya "sui".. Dan biasanya kita cerita-cerita apa saja, yg penting kita tdk merasa capek di perjalanan.. Sesampainya di kebun kita biasanya cari tempat yg pas untuk di buati perangkap, soalnya kalau sembarang tempat bisa2 lama tertangkapnya.. Kita bikin perangkap sekitar 10 perangkap.. Klw bisa sih lebih banyak lebih bagus..!!!
Cara-cara membuat perangkapnya gampang ko..
1. Cari pohon yg cocok untk dijadikan inti dari pada perangkapnya,, klw di wanci sih namanya "fou" fungsinya untuk mengangkat burung yg sdh msk perangkap..
2. Kita ikatkan tali pada "fou"
3. Terus kayu sebesar lidi sebagai jantung perangkap fungsinya agar burung ijak kayunya dan langsung terangkat oleh "fou"
4. Kayu kecil yg di ikatkan pada tali.. Fungsinya sebagai kunci perangkap.
Setelah perangkapnya siap kita pulang, dan keesokan harinya kita berangkat lagi untuk melihat hasil perangkap yg susah payah kita bikin.. Kyx itu doang kok yg bisa aku berikan.. Tapi sebelumnya aku minta terimakasilah ama teman-teman (juli, sani, fani, sardin, rino, sugi, dan semuanya deh) thanks y..!! Ats infox..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar